Kamis, 23 Februari 2023

Daftar Mata Uang Kripto (Cryptocurrency) Yang Memiliki Peluang Bagus Untuk Investasi

 


Sejumlah besar mata uang kripto inovatif terus bermunculan selama bertahun-tahun. Di bawah ini kami sudah merangkum daftar mata uang kripto yang paling populer di kalangan para investor.

1. Bitcoin

Ketika membahas para investor mainstream, mata uang kripto de-facto Bitcoin (BTC) diketahui menjadi tren sepanjang waktu dan secara luas dianggap sebagai aset blue chip di dunia kripto oleh mereka. Bitcoin telah mendominasi pasar kripto sejak bulan Januari tahun 2009 lalu dan telah mengalami berbagai macam kenaikan dan penurunan selama dekade terakhir. Harga Bitcoin mencapai puncaknya dan melampaui 20.000 dolar Amerika pada Desember 2017, diikuti dengan penurunan tajam di tahun berikutnya, hingga berada di bawah 3.500 dolar Amerika. Tetapi, saat ini Bitcoin telah mengalami rebound setelah penurunan tersebut dan sudah kembali menguat, di mana baru-baru ini ia melampaui harga 40.000 dolar Amerika pada Januari 2021. Saat ini, harga Bitcoin berada di kisaran 30.000 dolar Amerika dan merupakan mata uang kripto paling populer.

2. Ethereum

Dianggap sebagai mata uang kripto yang lebih canggih dari Bitcoin jika dilihat dari aspek teknologi, Ether (ETH) merupakan mata uang kripto dari platform perangkat lunak Ethereum yang memungkinkan aplikasi terdesentralisasi (dApps) dan smart contract (kontrak cerdas). Hal yang membedakannya dari mata uang kripto lain adalah fakta bahwa transaksi dapat ditunda atau disetujui berdasarkan kejadian di dunia nyata. Ethereum saat ini merupakan mata uang kripto terbesar kedua di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar (sekitar 154 miliar dolar Amerika), setelah Bitcoin. Penawaran yang sebenarnya adalah platform Ethereum itu sendiri yang mampu menyelesaikan berbagai masalah. Ethereum akan mengubah algoritma konsensus proof of work (PoW) mereka ke proof of stake (PoS) pada 2021, untuk meningkatkan kecepatan transaksi dan efisiensi jaringannya. 

3. Ripple

Ripple (XRP) merupakan mata uang tersentralisasi yang ditambang, dikelola dan diadministrasikan oleh organisasi penciptanya—Ripple Labs. XRP banyak dianggap sebagai entitas aneh di dunia mata uang kripto. Di satu sisi, XRP menawarkan keuntungan dalam hal berbagai pemrosesan pembayaran tersentralisasi,  termasuk eksekusi perdagangan secara cepat, kontrol kebijakan yang lebih baik dan negosiasi dengan perbankan yang lebih besar, tetapi di sisi lain, kredensialnya sebagai mata uang kripto juga banyak dipertanyakan. XRP memiliki potensi yang besar untuk terus berkembang dan secara aktif digunakan oleh banyak lembaga keuangan sebagai alternatif jaringan SWIFT, yang merupakan bukti penerapannya di dunia nyata.

4. Polkadot

Didirikan belum lama ini, yakni pada tahun 2017, Polkadot (DOT) dibangun oleh CTO (Chief Techology Officer) proyek Ethereum Gavin Wood dan merupakan mata uang kripto dengan algoritma proof of stake. Protokol yang dioperasikan olehnya adalah versi terbaru dari teknologi blockchain lama. Aspek teknologi yang menjadi faktor pembeda terbesar Polkadot dari mata uang kripto lainnya adalah teknologi multi-blockchain yang mampu berjalan secara paralel (disebut parachains), sehingga mampu menyelesaikan masalah blockchain tunggal yang dialami Bitcoin. Penambahan smart contract (kontrak cerdas), aspek skalabilitas dan keamanan telah meningkatkan daya tarik kripto yang satu ini secara luas.

5. Cardano

Sebagai mata uang kripto yang masih lumayan baru lainnya (diluncurkan tahun 2017), Cardano (ADA) bekerja pada sistem Ouroboros Proof of Stake, memberikannya efisiensi dan keamanan yang jauh lebih baik, tidak hanya jika dibandingkan dengan mata uang kripto konvensional yang bekerja pada sistem Proof of Work tetapi juga pada sistem PoS. Dijalankan pada jaringannya sendiri, Cardano (ADA) menggunakan kontrak cerdas yang memungkinnya untuk memantau transaksi seperti Bitcoin, sambil memberikan dirinya sendiri efisiensi sistem penanganan pembayaran dari Ethereum. Blockchain Cardano sudah ditinjau oleh komunitas ilmiah. Hanya dalam waktu 3 tahun setelah peluncurannya, Cardano mencapai angka 10 miliar dolar Amerika dalam hal kapitalisasi pasar (dibandingkan dengan Bitcoin yang butuh 9 tahun).

Artikel Terkait:

0 komentar:

Terimakasih Sudah mengunjungi Blog Mas Brian, Jangan lupa Klik Iklan Untuk Support blog Mas Brian

Recent Comments Widget with Avatar by Tutorial Blogspot