Sabtu, 21 Maret 2015

Hard Disk



Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan DATA sekunder dan berisi piringan magnetis. Cakram keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada tahun 1956. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar cakram keras saat ini mencapai 3 TB dengan ukuran standar 3,5 inci.

Fungsi hard disk adalah media penyimpanan data. Bukan hanya dokumen, tapi juga gambar, musik, dan video. Program-program komputer, preferensi situs-situs favorit, bahkan sistem operasi Anda-semuanya disimpan dalam hard disk komputer Anda.

Jika harddisk rusak, otomatis semua data hilang. Itu adalah hal yang sangat menyedihkan. Dan itulah alasan kenapa sebagian besar orang memiliki sebuah sistem pencadangan (backup). Mereka memiliki hard disk lain dan menyalin semua file penting mereka ke dalam hard disk tersebut.

Hard disk itu seperti sebuah timbangan. Ia tidak mengetahui perbedaan jenis setiap benda yang ada di atasnya; hanya ukurannya saja yang bisa ia bedakan. Namun bukan dalam kilogram atau ons, sebuah hard disk mengukur benda berdasarkan skala megabyte (MB), gigabyte (GB), dan terabyte (TB.) Secara garis besar, 1 megabyte sama dengan 1 juta byte, 1 gigabyte sama dengan 1 miliar byte, dan 1 terabyte sama dengan 1 triliun byte.

Sekian penjelasan tentang harddisk semoga bermanfaat

Artikel Terkait:

0 komentar:

Terimakasih Sudah mengunjungi Blog Mas Brian, Jangan lupa Klik Iklan Untuk Support blog Mas Brian

Recent Comments Widget with Avatar by Tutorial Blogspot